Pengaruh Edukasi Teknik Relaksasi Pernafasan dan Masase Punggung terhadap Ekspresi Nyeri Persalinan

Abstract

LATAR BELAKANG: Nyeri adalah bagian integral dari proses persalinan. Nyeri bukan hanya disebabkan oleh suatu hasil langsung dari pengaruh social, kultural dan emosional saja, tetapi lebih pada kulminasi faktor fisiologis dan psikologis. Terdapat banyak cara untuk mengatasi nyeri persalinan. Biasanya, cara untuk mengatasi nyeri persalinan dibagi menjadi cara farmakologis (menggunakan obat-obatan) dan non-farmakologis (tanpa obat-obatan). Penggunaan metode farmakologis untuk meredakan nyeri sering kali berkaitan dengan timbulnya efek samping yang tidak diinginkan. Penerapan metode non-farmakologis memiliki potensi untuk memperlambat (atau mencegah) penggunaan obat dan dosis total obat yang harus diterima. Suatu penelitian prosfektif skala besar menurut Green (1993) dalam Baston, menemukan bahwa ibu yang menghindari penggunaan obat cenderung lebih puas dengan kelahiran bayinya dibandingkan dengan ibu yang menggunakan obat. Ibu yang memilih menggunakan obat seminimal minimal selama persalinan juga cenderung merasakan hal yang sama, demikian juga dengan mereka yang yakin akan kemampuan mereka sendiri untuk mengatasi, atau ‘self-afficacy’, persalinan.

TUJUAN: Mengetahui Pengaruh Edukasi Teknik Relaksasi Pernafasan dan Masase Punggung terhadap Ekspresi Nyeri Persalinan di Puskesmas Batua Raya Makassar Tahun 2015.

SUBJEK DAN METODE: Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling dan didapatkan 60 sampel Ibu bersalin yang terbagi menjadi 30 sampel intervensi dan 30 sampel kontrol.

HASIL: Nilai 0,000 < α = 0,05 dengan demikian Ho ditolak.

KESIMPULAN: Ada perbedaan secara signifikan persepsi nyeri antara kelompok yang mendapat edukasi teknik relaksasi pernafasan dan masase punggung dengan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan asuhan persalinan saja.

 

Kata kunci: Nyeri Persalinan, Edukasi Teknik Relaksasi Pernafasan, Masase Punggung, Ekspresi Nyeri Persalinan

PDF