Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Bersalin tentang Kehamilan Lewat Waktu (Serotinus) di Rumah Sakit Khusus Bersalin Sayang Ibu Balikpapan

Abstract

LATAR BELAKANG : World Health Organization (WHO) 81% AKI akibat komplikasi selama hamil dan bersalin serta 25% selama masa post partum. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2012 rata-rata Angka Kematian Ibu (AKI) tercatat mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup. Serotinus merupakan salah satu penyebab tingginya AKI sekitar 25-35%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Bersalin Tentang Kehamilan Lewat Waktu (Serotinus) di Rumah Sakit Khusus Bersalin Sayang Ibu Balikpapan Tahun 2018.

SUBJEK dan METODE : Penelitian ini bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu pengetahuan.

HASIL : Dari 30 responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak sebanyak 2 responden (7%), yang memiliki pengetahuan cukup sebanyak 9 responden (30%) dan yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 19 responden (63%).

KESIMPULAN : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu bersalin tentang kehamilan lewat waktu (serotinus) di Rumah Sakit Khusus Bersalin Sayang Ibu Balikpapan adalah kurang, sehingga tenaga kesehatan perlu memberikan pendidikan kesehatan tentang dampak dari kehamilan lewat waktu.

 

Kata Kunci    : Pengetahuan, Ibu Bersalin, Kehamilan Lewat Waktu (Serotinus)

PDF