Hubungan Jenis Persalinan dengan Kejadian Asfiksia Neonatorum di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwobowo Balikpapan

Abstract

LATAR BELAKANG. Asfiksia merupakan salah satu penyebab mortalitas dan morbiditas bayi baru lahir. Ada beberapa factor pencetus terjadinya asfiksia yaitu eklampsia, gawat janin, solusio plasenta, plasenta previa, dan keadaan gawat ibu dan janin lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan asfiksia neonatorum dengan jenis perslainan di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2018.

SUBJEK dan METODE. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross selection. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu bersalin yang berada di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Tekhnik Pengambilan sampel dengan cara accidental sampling dan didapatkan sampel sebanyak 46 ibu bersalin. Variabel bebas dalam penelitian adalah Asfiksia Neonatorum dan Variabel terikatnya adalah jenis persalinan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan check list. Tekhnik analisa yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariate.  

HASIL. Penelitian menunjukan dimana Xhitung (5,518) >X2  tabel (5,591) dengan α 0,05 sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, sedangkan berdasarkan nilai Pvalue didapatkan P 0,001 < α 0,05.

KESIMPULAN. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat sedikit hubungan antara jenis persalinan dengan kejadian asfiksia neonatorum di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2018.

 

Kata Kunci    : Asfiksia neonatorum, jenis persalinan.

PDF